10 Fakta Menarik Tentang Laut Mati


dead-sea-landscape

1. Nama Laut Mati berasal dari terjemahan bahasa Ibrani’Yam ha Maved’ yang berarti ‘Laut Pembunuh’, sedangkan dalam bahasa Arab namanya adalah ‘Bahrul Mayyit’ yang artinya “Laut Mati” juga.

3656800500 

2. Laut Mati ternyata adalah sebuah Danau, karena terletak pada daratan. Meskipun berlokasi pada titik terendah permukaan bumi tetapi danau laut mati ini menjadi begitu sangat fenomenal berkat beberapa fakta menariknya. Selain dari yang sudah dijelaskan sebelumnya, yang menjadi daya tarik para pelancong, untuk mengunjungi danau laut mati ini adalah air danaunya dapat membuat hampir semua benda mengapung dan tidak akan tenggelam, termasuk manusia.

05deadsea-map-articleinline

3. Dinamakan “Laut” Mati bukan “Danau” Mati karena panjangnya mencapai 76km dan lebarnya 16km. Penyematan nama laut mati atau dead sea dikarenakan danau ini memiliki ukuran yang luas seperti lautan.

mineral-salt

4. Laut Mati merupakan tempat terendah di dunia, dengan ketinggian 417,5meter dpl. Merupakan Titik Terendah di Muka Bumi, Terletak diantara perbatasan wilayah Israel, Palestina dan Yordania, pada sebuah lembah berketinggian 417,5 meter atau 1.300 kaki di bawah permukaan laut, sedangkan titik terdalam di permukaan bumi saat ini masih dipegang oleh Palung Mariana dan titik tertingginya di tempati oleh gunung Everest (8.848 m).

 dead-sea-canal

5. Kadar garam yang begitu besar(33%) membuat kita boleh mengapung di atas permukaannya. Yang menjadi faktor penyebabnya adalah danau ini mempunyai kandungan kadar garam yang sangat tinggi, bahkan kadar kandungan garamnya menempati urutan ke dua danau terasin di dunia setelah danau Assal yang terletak di Djibouti. Kadar garamnya 33,7% atau 8 kali lebih asin dari danau biasa.
6. Garam di Laut Mati, Garam yang terdapat di pinggiran danau Laut Mati Perlu diketahui, air pada danau laut mati ini tidak mengalirkan airnya ke daerah-daerah sekitarnya, melainkan hanya mengendap di danau ini saja dan memiliki satu sumber air utamanya yaitu dari sungai Yordan. Namun, air pada danau ini kian hari kian defisit dan surut saja. Ini karena, danau laut mati berada di wilayah beriklim panas, sehingga hampir tujuh ton air danau menguap setiap harinya. Pengurangan cukup signifikan pada air danau ini juga disebabkan sungai Yordan selaku sumber utama air pada danau laut mati.

danaulautmati3

7. Makhluk Hidup yang menghuni Laut Mati berupa bakteri tertentu. Laut Mati kira-kira 8,6 kali lebih asin dari laut. Salinitas ini membuat untuk lingkungan yang keras di mana binatang tidak dapat berkembang biak (sesuai namanya).

umroh-plus-jordan-2

8. Dari segi ilmiah hal ini boleh dibuktikan karena kandungan kadar garam yang tinggi pada air danaunya. Air asin jauh lebih padat dari air biasa, dan kepadatan air asin membuatnya jauh lebih ringan dari air biasa.

 lumpur-di-danau-laut-mati-mengandung-kalium-magnesium-zink-bitumen-bromida-potassium-iodin-kalsium-sulfur-chlorine-chloride-dan-sodium

9. Karena banyaknya kandungan mineral, lumpur Danau Laut Mati berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit. Tidak hanya kandungan garam saja yang tinggi, danau laut mati juga memiliki kandungan mineral yang banyak, tepatnya pada lumpur danaunya, beberapa zat mineral penting seperti magnesium, kalsium, kalium, zink, iodin, chlorine, chloride, sulfur, sodium, bitumen, bromida dan pottasium. Kandungan mineral ini sangat baik, beberapa manfaat yang dipercaya : dapat memperbaiki sel kulit mati, menghilangkan daki pada kulit, melancarkan sirkulasi darah, membantu menjaga kesihatan, dan khususnya bagi wanita untuk mempercantik serta menghaluskan kulit.

 deadseaisrael_cc_wiki_xta11_600

10. Pada tahun 2017, Danau Laut Mati akan dihubungkan dengan Laut Merah, dikarenakan penyusutannya lebih dari 10 meter. Penusutan dari 423 kepada 393 pada tahun2012.Luasnya juga berkurang menjadi 637 kilometer persegi untuk saat dari yang mana sebelumnya 810 kilometer persegi.



Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Air terjun gunung ledang

Tempat yang menarik untuk dikunjungi, sesuai untuk keluarga dan teman-teman juga. Tempat ini dibuka setiap hari dan kemasukannya hanya Rm1.5...